Lima BUMN Konsolidasi Bisnis Hotel


Lima perusahaan BUMN sepakat mengkonsolidasikan bisnis hotel yang dimilikinya untuk meningkatkan daya saing serta penciptaan nilai.

Rinciannya adalah PT Garuda Indonesia (Persero), PT Hotel Indonesia Natour (Persero), PT Pertamina, PT Wijaya Karya (Persero), dan PT Pegadaian (Persero).

Konsolidasi tersebut tidak terbatas pada aset dan liabilitas yang mencakup 22 unit hotel dan 2 hotel operator management milik Hotel Indonesia Natour, Pegadaian, Garuda Indonesia, Pertamina.

"BUMN perlu kembali ke core business masing-masing. Sehingga untuk perhotelan, misalnya, perlu dilakukan atur ulang anak usaha Hotel BUMN sehingga BUMN yang bersangkutan bisa kembali menjalankan bisnis sesuai dengan inti bisnis yang mereka miliki,” kata Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo melalui siaran pers, Senin (14/9).

Ia menilai, hotel-hotel milik BUMN memiliki lokasi sangat strategis, sehingga jika pelayanan menjadi fokus utama maka hotel-hotel BUMN tersebut menjadi kebanggaan Indonesia.

“Hotel-hotel miliki BUMN akan dikonsolidasikan sehingga diharapkan dapat menjadi lebih efisien dan kompetitif serta mampu bersaing dengan industri perhotelan di dalam dan di luar negeri,” tegasnya.

Seperti diketahui, sebagai bagian dari langkah transformasi dalam rangka menjadikan BUMN sebagai institusi bisnis yang efisien dan pemain global, Menteri BUMN Erick Thohir merampingkan BUMN yang semula berjumlah 142 BUMN menjadi 107, dan selanjutnya ditargetkan menjadi 40 BUMN.


Penulis : Super

Editor : Admin


Berita Populer


Kategori Berita