Hyatt akuisisi Apple Leisure Group, perluas perjalanan liburan mewah


Akuisisi mempercepat transformasi aset-ringan; meluncurkan komitmen Hyatt untuk menjual aset hotel senilai 2 miliar dolar AS lagi pada akhir tahun 2024

Gandakan jejak resor global Hyatt dengan pertumbuhan kamar bersih yang meningkat di tahun-tahun mendatang dengan ekspansi global merek AMRTM Collection seperti Secrets®, Dreams® dan Zoëtry®

Hyatt Bahas Transaksi di Webcast yang Dijadwalkan pada Senin, 16 Agustus Pukul 07.30 WIB

Chicago (Antara/Business Wire)- Hyatt Hotels Corporation (NYSE: H) hari ini mengumumkan bahwa Hyatt telah menandatangani perjanjian definitif untuk mengakuisisi Apple Leisure Group (ALG), grup layanan manajemen resor mewah, perjalanan dan perhotelan terkemuka, dari afiliasi masing-masing KKR dan KSL Capital Partners, LLC senilai 2,7 miliar dolar AS dalam bentuk tunai. Transaksi ini diperkirakan akan ditutup pada kuartal keempat tahun 2021, tergantung pada kondisi penutupan yang biasa dilakukan.

Platform manajemen merek resor ALG AMResorts® menyediakan layanan manajemen untuk portofolio resor mewah lengkap terbesar di Amerika di bawah portofolio merek AMRTM Collection, termasuk merek terkenal Secrets® Resorts & Spa, Dreams® Resorts & Spas, Breathless® Resorts & Spa dan Zoëtry® Wellness & Spa Resorts serta merek Alua® Hotels & Resorts yang berkembang pesat, yang berkembang di tujuan rekreasi Eropa. Akuisisi ini juga mencakup penawaran keanggotaan ALG, Unlimited Vacation Club®, bisnis distribusi perjalanan ALG Vacations®, serta layanan manajemen destinasi dan aset teknologi perjalanan. Setelah transaksi tersebut rampung, bisnis ALG akan terus dipimpin oleh CEO ALG saat ini Alejandro Reynal dan tim kepemimpinan ALG saat ini. Bapak Reynal akan menjadi anggota tim kepemimpinan eksekutif Hyatt dan melapor kepada CEO Hyatt Mark Hoplamazian.

“Dengan akuisisi aset ringan dari Apple Leisure Group, kami sangat senang untuk membawa platform manajemen resor independen yang sangat diinginkan ke dalam keluarga Hyatt,” kata presiden dan Kepala Staf Eksekutif Hyatt, Mark Hoplamazian. “Penambahan properti ALG akan segera menggandakan jejak resor global Hyatt. Portofolio merek mewah ALG, kepemimpinan di segmen serba inklusif, dan saluran besar resor baru akan memperluas jangkauan kami di pasar yang ada dan pasar baru, termasuk di Eropa, dan semakin mempercepat pertumbuhan kamar bersih terdepan di industri kami. Yang penting, kombinasi dari akuisisi yang menciptakan nilai ini dan peningkatan sebesar 2 miliar dolar AS dalam komitmen penjualan aset kami akan mengubah profil pendapatan kami, dan kami berharap Hyatt mencapai 80% pendapatan berbasis biaya pada akhir tahun 2024.”

Portofolio hotel ALG terdiri dari lebih dari 33.000 kamar yang beroperasi di 10 negara. Portofolio ini telah berkembang dari sembilan resor pada tahun 2007 menjadi sekitar 100 properti pada akhir tahun 2021 dan memiliki 24 kesepakatan yang dieksekusi dengan sejumlah besar hotel tambahan dalam proses pengembangan. Unlimited Vacation Club®-nya ALG adalah klub perjalanan eksklusif yang pesertanya dapat menikmati tarif pilihan dan manfaat lainnya di properti AMR™ Collection. Dengan lebih dari 110.000 anggota, keanggotaan Unlimited Vacation Club® telah tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 18% selama lima tahun terakhir.

“Menggabungkan keahlian mendalam Hyatt dan jejak merek global dengan merek resor ALG yang kuat, kemampuan operasi, dan rencana pengembangan yang kuat akan meningkatkan posisi kami yang berbeda serta menciptakan pemimpin dalam perjalanan liburan mewah,” ujar Kepala Staf Eksekutif, Apple Leisure Group, Alejandro Reynal. “Atas nama semua orang di ALG, saya berterima kasih kepada mitra kami di KKR dan KSL yang mendukung kami dalam membangun platform menjadi seperti sekarang ini. Saya senang tim kami bergabung dengan keluarga Hyatt dan saya mengantisipasi perjalanan pertumbuhan yang kuat ke depan seiring dengan berkembangnya industri dan kami dapat memberikan penawaran rekreasi terbaik di kelasnya kepada kelompok pelancong yang lebih besar di seluruh dunia.”

“Hari ini merupakan tonggak sejarah yang luar biasa dalam kisah pertumbuhan, ketahanan, dan dedikasi terhadap pengalaman rekreasi kelas dunia oleh tim luar biasa di Apple Leisure Group,” ucap Chris Harrington dan Rich Weissman, yang masing-masing merupakan mitra di KKR dan KSL Capital Partners. “Tidak ada rumah yang lebih baik bagi ALG untuk melanjutkan lintasan pertumbuhannya selain menjadi bagian dari Hyatt.”

Alasan Strategis

 • Memperluas jejak dalam perjalanan mewah serta resor: Akuisisi ini akan memperluas kehadiran Hyatt dalam perjalanan liburan mewah dan segera menambahkan sekitar 100 hotel dan 24 kesepakatan yang telah dilaksanakan di Eropa dan Amerika ke dalam portofolionya. Setelah menyelesaikan transaksi tersebut, Hyatt akan menawarkan portofolio resor mewah lengkap terbesar di dunia, akan menggandakan jejak resor globalnya, akan menjadi operator hotel mewah terbesar di Meksiko dan Karibia, dan akan memperluas jejaknya di Eropa sebesar 60 persen. Akuisisi ini akan memperluas jejak merek Hyatt ke 11 pasar Eropa baru, sangat meningkatkan potensi pertumbuhan Hyatt di Eropa, wilayah penting untuk pertumbuhan global dalam perjalanan liburan.

 • Memperluas platform untuk pertumbuhan: basis pengembang dan pemilik ALG yang kuat akan memperluas hubungan Hyatt dengan mitra yang sangat berkomitmen di wilayah pelengkap utama. Jaringan pengembang global Hyatt dan keahlian operasionalnya diharapkan dapat lebih mempercepat pertumbuhan merek ALG. Hyatt berencana untuk menerapkan kekuatan gabungan dari tim untuk memperluas di luar jaringan ALG saat ini di wilayah baru di mana ALG saat ini tidak memiliki hotel.

 • Pemilik manfaat: Akses ke platform distribusi milik ALG dan pengalamannya yang luas dalam perjalanan liburan diharapkan memberikan peluang signifikan bagi resor Hyatt yang ada. Pemilik properti AMRTM Collection akan menerima peningkatan akses ke koleksi merek yang jauh lebih luas, dan dukungan dari distribusi, penjualan, dan pemasaran global Hyatt.

 • Tingkatkan pilihan dan pengalaman bagi para tamu: Sumber daya gabungan ALG dan Hyatt akan membuka penawaran dan pengalaman yang lebih luas untuk kepentingan tamu kelas atas dan basis pelanggan perusahaan gabungan. Penawaran keanggotaan eksklusif ALG, Unlimited Vacation Club®, akan membawa lebih dari 110.000 pelancong yang sangat bersemangat lebih dekat ke Hyatt saat bepergian untuk berbagai kesempatan menginap selain liburan. Setelah menyelesaikan transaksi, Hyatt akan menentukan cara-cara di mana World of Hyatt dan Unlimited Vacation Club® dapat memberikan nilai tambah dan manfaat loyalitas yang unik kepada basis anggota mereka sambil menguntungkan pemilik hotel.

 • Tingkatkan penawaran perjalanan liburan ujung ke ujung melalui:
  o ALG Vacations® sebagai salah satu penyedia tur paket terbesar dan platform distribusi perjalanan liburan di Amerika Utara yang melayani Meksiko dan Karibia,
  o Amstar, perusahaan manajemen layanan destinasi terkemuka di Meksiko dan Karibia, dan mitranya yang berfokus di Hawaii, Worldstar, dan
  o Trisept Solutions®, platform teknologi perjalanan liburan yang unik.

 • Mempercepat strategi aset-ringan: Akuisisi bisnis aset-ringan ALG akan meningkatkan persentase pendapatan dan pendapatan yang akan dihasilkan Hyatt dari biaya. Selain itu, Hyatt mengantisipasi pemenuhan komitmennya saat ini untuk menjual real estat hotel senilai 1,5 miliar dolar AS pada tahun 2021, menghasilkan total lebih dari 3 miliar dolar AS hasil yang direalisasikan sejak strategi penjualan aset diumumkan pada tahun 2017 dengan kelipatan gabungan lebih dari 17x EBITDA dibandingkan dengan perkiraan asli Hyatt dari 13x hingga 15x. Hyatt selanjutnya berkomitmen untuk tambahan 2 miliar dolar AS hasil dari penjualan real estat hotel pada akhir 2024.

Pembiayaan

Pada penutupan, Hyatt mengharapkan untuk mendanai lebih dari 80 persen dari pembelian dengan kombinasi 1,0 miliar dolar AS uang tunai dan pembiayaan utang baru, dan sisanya dengan sekitar 500 juta dolar AS dari pembiayaan ekuitas. Hyatt telah mendapatkan komitmen pembiayaan 1,7 miliar dolar AS dari J.P. Morgan. Hasil tunai dari program penjualan aset senilai 2 miliar dolar AS diharapkan akan digunakan untuk membayar utang, termasuk utang yang dikeluarkan untuk mendanai akuisisi. Hyatt berkomitmen untuk mempertahankan profil layak investasi dan terus mengelola neraca secara hati-hati setelah transaksi.

Presentasi Investor, Panggilan Konferensi, Webcast

Hyatt akan mengadakan panggilan konferensi dan webcast besok, 16 Agustus 2021, pukul 07.30 WIB untuk membahas transaksi tersebut. Pihak yang berkepentingan dapat mendengarkan webcast panggilan konferensi secara bersamaan, yang dapat diakses melalui situs web Perusahaan di investors.hyatt.com. Atau, peserta dapat mengakses panggilan langsung dengan menghubungi 833-238-7946 (Bebas Pulsa AS) atau 647-689-4468 (Nomor Pulsa Internasional) menggunakan ID konferensi# 1771444 sekitar 15 menit sebelum waktu mulai yang dijadwalkan. Arsip webcast akan tersedia di situs web Perusahaan selama 90 hari.

Penasehat

Sehubungan dengan transaksi tersebut, BDT & Company, LLC dan J.P. Morgan bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Hyatt, dan Latham & Watkins LLP bertindak sebagai penasihat hukumnya. PJT Partners menjabat sebagai penasihat keuangan ALG, dan Simpson Thacher & Bartlett LLP bertindak sebagai penasihat hukumnya. Deutsche Bank Securities Inc. menjabat sebagai penasihat keuangan untuk KKR dan KSL Capital Partners.

Istilah "Hyatt" digunakan dalam rilis ini untuk kemudahan merujuk ke Hyatt Hotels Corporation dan/atau satu atau lebih afiliasinya.

Tentang Hyatt Hotels Corporation

Hyatt Hotels Corporation, yang berkantor pusat di Chicago, adalah perusahaan perhotelan global terkemuka yang menawarkan 20 merek utama. Per 30 Juni 2021, portofolio Perusahaan ini mencakup lebih dari 1.000 hotel dan properti all-inclusive di 68 negara di enam benua. Tujuan Perusahaan untuk peduli pada orang sehingga mereka dapat menjadi yang terbaik menginformasikan keputusan bisnis dan strategi pertumbuhannya dan dimaksudkan untuk menarik dan mempertahankan karyawan terbaik, membangun hubungan dengan tamu dan menciptakan nilai bagi pemegang saham. Anak perusahaannya mengoperasikan, mengelola, mewaralabakan, memiliki, menyewakan, mengembangkan, melisensikan, atau memberikan layanan kepada hotel, resor, tempat tinggal bermerek, dan properti kepemilikan liburan, termasuk di bawah Park Hyatt®, Miraval®, Grand Hyatt®, Alila®, Andaz®, Koleksi Tidak Terikat oleh Hyatt®, Tujuan oleh Hyatt™, Hyatt Regency®, Hyatt®, Hyatt Ziva™, Hyatt Zilara™, Thompson Hotels®, Hyatt Centric®, Caption oleh Hyatt, JdV oleh Hyatt™, Hyatt House® , Hyatt Place®, tommie™, UrCove, dan Hyatt Residence Club® nama merek, dan mengoperasikan program loyalitas World of Hyatt® yang memberikan manfaat berbeda dan pengalaman eksklusif bagi anggotanya yang berharga. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.hyatt.com.

Tentang Apple Leisure Group®

Apple Leisure Group® (ALG) adalah grup manajemen merek, perjalanan, dan perhotelan resor Amerika Utara terkemuka dengan model bisnis unik yang melayani pelancong dan tujuan di seluruh dunia. ALG, melalui grup perusahaan afiliasinya, secara konsisten memberikan nilai luar biasa kepada wisatawan dan kinerja yang kuat bagi pemilik resor dan mitra dengan memanfaatkan portofolio mereknya secara strategis termasuk: AMResorts LP, atau satu atau lebih afiliasinya yang secara kolektif menyediakan penjualan, pemasaran, dan layanan manajemen merek untuk merek resor dan hotel di bawah Koleksi AMR™ termasuk merek pemenang penghargaan mewah bintang 5 dan 4 termasuk Secrets® Resorts & Spas, Dreams® Resorts & Spas, Breathless® Resorts & Spas, Zoëtry® Wellness & Spa Resor, Hotel & Resor Alua®, Resor & Spa Sunscape® dan Resor & Spa Now®; ALG Vacations®, salah satu penjual paket liburan dan penerbangan charter terbesar di AS untuk perjalanan ke Meksiko dan Karibia, dengan merek terkenal: Apple Vacations®, Funjet Vacations®, Travel Impressions®, CheapCaribbean.com®, BeachBound®, Blue Sky Tours®, Southwest Vacations®, dan United Vacations®; program keanggotaan eksklusif Unlimited Vacation Club®; layanan manajemen destinasi terbaik di kelasnya yang disediakan oleh Amstar DMC; dan penyedia solusi teknologi inovatif Trisept Solutions®, menghubungkan lebih dari 88.000 agen perjalanan dengan pemasok perjalanan terkemuka.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang keuntungan Apple Leisure Group, kunjungi www.appleleisuregroup.com.

PERNYATAAN BERWAWASAN KE DEPAN:

Pernyataan Berwawasan ke Depan dalam rilis pers ini, yang bukan merupakan fakta sejarah, adalah pernyataan berwawasan ke depan dalam arti Undang-Undang Reformasi Litigasi Sekuritas Swasta tahun 1995. Pernyataan ini mencakup pernyataan tentang rencana akuisisi Perusahaan atas Apple Leisure Group, termasuk perkiraan keuangan dan manfaat operasional yang dihasilkan dari akuisisi, keuntungan tamu dan pemilik yang timbul dari akuisisi, proyeksi kinerja keuangan Apple Leisure Group, jumlah dan waktu pelepasan aset masa depan dan proyeksi penjualan kelipatan dari pelepasan aset tersebut, profil likuiditas Perusahaan, jumlah properti yang diharapkan akan dibuka di masa depan, pertumbuhan yang diharapkan dari perjalanan mewah global dan campuran pendapatan ruang rekreasi seluruh sistem Perusahaan, pendapatan berbasis biaya yang diproyeksikan di masa depan dari perusahaan gabungan, manfaat yang diharapkan dan nilai tambah dari program loyalitas World of Hyatt dan Penawaran keanggotaan Apple Leisure Group, sumber pembiayaan yang diantisipasi ces untuk akuisisi Apple Leisure Group yang diusulkan, dampak hutang yang timbul sehubungan dengan akuisisi pada status peringkat peringkat investasi Perusahaan, jadwal waktu yang diharapkan untuk menyelesaikan akuisisi, rencana Perusahaan, strategi, prospek, kinerja keuangan, proyeksi, pembiayaan proposal, prospek atau kejadian di masa depan dan melibatkan risiko yang diketahui dan tidak diketahui yang sulit diprediksi. Akibatnya, hasil, kinerja, atau pencapaian kami yang sebenarnya mungkin berbeda secara materi dari yang diungkapkan atau tersirat oleh pernyataan berwawasan ke depan ini. Dalam beberapa kasus, Anda dapat mengidentifikasi pernyataan berwawasan ke depan dengan menggunakan kata-kata seperti "mungkin", "bisa", "berharap", "berniat", "merencanakan", "mencari", "mengantisipasi", "percaya", "memperkirakan", "memprediksi", "potensial", "melanjutkan", "kemungkinan", "akan", "akan", dan variasi dari istilah ini dan ekspresi serupa, atau negatif dari istilah ini atau ekspresi serupa. Pernyataan berwawasan ke depan tersebut harus didasarkan pada perkiraan dan asumsi yang, meskipun dianggap wajar oleh kami dan manajemen kami, secara inheren tidak pasti. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan hasil aktual berbeda secara material dari ekspektasi saat ini termasuk, antara lain, risiko yang terkait dengan kemampuan untuk menyelesaikan akuisisi yang diusulkan atas Apple Leisure Group dan waktu penutupan transaksi yang diusulkan; kemampuan Perusahaan untuk berhasil mengintegrasikan karyawan dan operasi Apple Leisure Group ke dalam Perusahaan; kemampuan untuk mewujudkan manfaat dan sinergi yang diantisipasi dari akuisisi yang diusulkan atas Apple Leisure Group secepat atau sejauh yang diantisipasi; risiko yang terkait dengan kemampuan untuk memperoleh pembiayaan yang direncanakan dengan persyaratan yang menguntungkan atau sama sekali; risiko yang mempengaruhi segmen penginapan mewah dan all-inclusive; durasi pandemi COVID-19 dan laju pemulihan setelah pandemi, kebangkitan tambahan, atau varian COVID-19; efek jangka pendek dan jangka panjang dari pandemi COVID-19, termasuk permintaan perjalanan, bisnis sementara dan kelompok, dan tingkat kepercayaan konsumen; dampak pandemi COVID-19, kebangkitan tambahan, atau varian COVID-19, dan dampak tindakan yang diambil oleh pemerintah, bisnis, dan individu sebagai tanggapan, terhadap ekonomi global dan regional, pembatasan atau larangan perjalanan, dan aktivitas ekonomi, termasuk durasi dan besarnya dampaknya terhadap tingkat pengangguran dan pengeluaran konsumen yang bebas; distribusi vaksin COVID-19 yang luas dan penerimaan yang luas oleh masyarakat umum terhadap vaksin tersebut; kemampuan pemilik pihak ketiga, pewaralaba, atau mitra usaha perhotelan untuk berhasil menavigasi dampak pandemi COVID-19, kebangkitan tambahan, atau varian COVID-19; ketidakpastian ekonomi secara umum di pasar global utama dan memburuknya kondisi ekonomi global atau tingkat pertumbuhan ekonomi yang rendah; tingkat dan laju pemulihan ekonomi setelah kemerosotan ekonomi; tingkat pengeluaran di segmen bisnis, rekreasi, dan all-inclusive serta kepercayaan konsumen; penurunan tingkat hunian dan rata-rata tarif harian; visibilitas terbatas sehubungan dengan pemesanan di masa mendatang; kehilangan personel kunci; kondisi politik dan geo-politik domestik dan internasional, termasuk kerusuhan politik atau sipil atau perubahan kebijakan perdagangan; permusuhan, atau ketakutan akan permusuhan, termasuk serangan teroris di masa depan, yang memengaruhi perjalanan; kecelakaan terkait perjalanan; bencana alam atau buatan manusia seperti gempa bumi, tsunami, tornado, angin topan, banjir, kebakaran hutan, tumpahan minyak, insiden nuklir, dan wabah global pandemi atau penyakit menular, seperti pandemi COVID-19, atau ketakutan akan wabah tersebut; kemampuan kami untuk berhasil mencapai tingkat laba operasi tertentu di hotel yang memiliki uji kinerja atau jaminan yang menguntungkan pemilik pihak ketiga kami; dampak renovasi dan pembangunan kembali hotel; risiko yang terkait dengan rencana alokasi modal kami, program pembelian kembali saham, dan pembayaran dividen, termasuk pengurangan, atau penghapusan atau penangguhan, aktivitas pembelian kembali atau pembayaran dividen; sifat musiman dan siklus dari bisnis real estate dan perhotelan; perubahan dalam pengaturan distribusi, seperti melalui perantara perjalanan internet; perubahan selera dan preferensi pelanggan kami; hubungan dengan rekan kerja dan serikat pekerja dan perubahan undang-undang perburuhan; kondisi keuangan, dan hubungan kami dengan, pemilik properti pihak ketiga, pemegang waralaba, dan mitra usaha perhotelan; kemungkinan ketidakmampuan pemilik pihak ketiga, pemegang waralaba, atau mitra pengembangan untuk mengakses modal yang diperlukan untuk mendanai operasi saat ini atau mengimplementasikan rencana pertumbuhan kami; risiko yang terkait dengan akuisisi dan disposisi potensial dan pengenalan konsep merek baru; waktu akuisisi dan disposisi dan kemampuan kami untuk berhasil mengintegrasikan akuisisi yang telah selesai dengan operasi yang ada; kegagalan untuk berhasil menyelesaikan transaksi yang diusulkan (termasuk kegagalan untuk memenuhi persyaratan penutupan atau mendapatkan persetujuan yang diperlukan); kemampuan kami untuk berhasil menjalankan strategi kami untuk memperluas manajemen dan bisnis waralaba kami sementara pada saat yang sama mengurangi basis aset real estat kami dalam kerangka waktu yang ditargetkan dan pada nilai yang diharapkan; penurunan nilai aset real estat kami; penghentian tak terduga dari perjanjian manajemen atau waralaba kami; perubahan undang-undang pajak federal, negara bagian, lokal, atau asing; kenaikan suku bunga dan biaya operasional; fluktuasi nilai tukar mata uang asing atau restrukturisasi mata uang; kurangnya penerimaan merek atau inovasi baru; volatilitas umum pasar modal dan kemampuan kami untuk mengakses pasar tersebut; perubahan lingkungan persaingan di industri kami, termasuk sebagai akibat dari pandemi COVID-19, konsolidasi industri, dan pasar tempat kami beroperasi; kemampuan kita untuk berhasil mengembangkan program loyalitas World of Hyatt; insiden siber dan kegagalan teknologi informasi; hasil dari proses hukum atau administratif; dan pelanggaran peraturan atau undang-undang yang terkait dengan bisnis waralaba kami; dan risiko lain yang dibahas dalam pengajuan Perusahaan dengan SEC, termasuk laporan tahunan kami di Formulir 10-K dan laporan triwulanan di Formulir 10-Q, yang pengajuannya tersedia dari SEC. Kami memperingatkan Anda untuk tidak terlalu mengandalkan pernyataan berwawasan ke depan, yang dibuat hanya pada tanggal siaran pers ini. Kami tidak melakukan atau memikul kewajiban apa pun untuk memperbarui secara publik salah satu dari pernyataan berwawasan ke depan ini untuk mencerminkan hasil aktual, informasi baru atau peristiwa di masa depan, perubahan asumsi atau perubahan faktor lain yang memengaruhi pernyataan berwawasan ke depan, kecuali sejauh yang disyaratkan oleh hukum. Jika kami memperbarui satu atau lebih pernyataan berwawasan ke depan, tidak ada kesimpulan yang ditarik bahwa kami akan membuat pembaruan tambahan sehubungan dengan itu atau pernyataan berwawasan ke depan lainnya.

Baca versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20210815005011/en/

Kontak
Kontak Media Hyatt:
Franziska Weber
+1 312 780 6106
franziska.weber@hyatt.com

Kontak Investor Hyatt:
Noah Hoppe
+1 312 780 5991
noah.hoppe@hyatt.com

Kontak Media Apple Leisure Group:
Lilliana Vazquez Maya
+1 610 359 5913
lmaya@applelg.net

Sumber: Hyatt Hotels Corporation

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.


Penulis : Lina

Editor : Aditia

Editor : Adityawarman

Editor : Irwen


Berita Populer


Kategori Berita