Listing, Saham Harapan Duta Pertiwi Beri Gain 34,75%


Resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) harga saham PT Harapan Duta Pertiwi Tbk (HOPE) melesat hingga 34,75% ke harga Rp159 per saham.

Harga initial public offering (IPO) saham HOPE berada di Rp 118 per saham. Dengan demikian, sahamnya terkena auto rejection atas (ARA).

Berdasarkan ketentuan bursa, batas kenaikan saham dengan harga acuan Rp50 hingga Rp200 adalah 35%.

Dalam penawaran umum perdana saham atau IPO, HOPE melepas 851,66 juta saham ke publik. Jumlah tersebut sekitar 40% dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh.

Harga penawarannya dipatok Rp118 per saham, sehingga dana yang terkumpul melalui proses IPO itu mencapai Rp100,49 miliar.

Dalam proses penawaran tersebut, HOPE menggandeng PT Danatama Makmur Sekuritas dan PT Yuanta Sekuritas Indonesia sebagai lead underwriters atau penjamin pelaksana emisi efek. Adapun antusiasme masyarakat terhadap saham HOPE tercermin dari oversubscribed lebih dari 100 kali saat penawaran umum dilakukan pada 11-18 Mei 2021.

Sebagai pemanis, HOPE juga menerbitkan waran sebanyak 425.83 juta waran Seri I. Rasio dari waran yang diterbitkan adalah 2 pemegang saham baru akan mendapatkan 1 waran Seri I. Dana yang didapatkan dari pelaksanaan waran tersebut rencananya akan digunakan untuk modal kerja.

Direktur Utama dari Harapan Duta Pertiwi Kevin Jong mengatakan, langkah IPO akan membawa perusahaan ke babak baru dalam industri karoseri di Indonesia.

"Melalui struktur permodalan yang bertambah kuat dengan dukungan publik, kami mempunyai komitmen untuk dapat menjadi perusahaan yang bernilai tinggi dalam industri karoseri di Indonesia, dengan memenuhi berbagai macam kebutuhan dari pelanggan, guna mendukung pembangunan bangsa dan negara Indonesia," kata Kevin dalam pencatatan perdana saham HOPE, Senin (24/5).


Penulis : Indra

Editor : Irwen


Berita Populer


Kategori Berita