Tiga Vaksin Covid-19 Asal Tiongkok Belum Lolos Uji Klinis


Pemerintah akan mendatangkan tiga vaksin Covid-19 dari Tiongkok mulai November 2020. Meski memiliki izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA), tapi ketiganya belum lolos uji klinis tahap akhir. Vaksin produksi Sinovac misalnya, masih melakukan uji klinis fase III terhadap 1.620 partisipan. Hasil awal tes tersebut diperkirakan baru keluar pada Januari 2021.

Pemerintah akan mendatangkan tiga vaksin Covid-19 dari Tiongkok mulai November 2020. Meski memiliki izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA), tapi ketiganya belum lolos uji klinis tahap akhir.

Vaksin produksi Sinovac misalnya, masih melakukan uji klinis fase III terhadap 1.620 partisipan. Hasil awal tes tersebut diperkirakan baru keluar pada Januari 2021. Meski begitu, Sinovac siap mengirimkan 1,5 juta dosis vaksin masing-masing pada November dan Desember tahun ini.

Kemudian vaksi produksi Sinopharm/G42 yang merupakan hasil kerja sama antara Tiongkok dan Uni Emirat Arab. Vaksin ini juga masih dalam uji klinis fase III dengan 45 ribu partisipan. Hasil awalnya pun akan dirilis pada Maret 2021. Pengembang vaksin ini menyanggupi pengiriman 15 juta dosis vaksin hingga akhir 2020.


Berita Populer


Kategori Berita